Tracer Study Kinerja Lulusan 2017 Jurusan Kesehatan Lingkungan Berdasarkan Penilaian Stakeholder Tahun 2017

Tujuan dari kegiatan Tracer study ini adalah memperoleh informasi dari stakeholder tentang kinerja dari alumni Jurusan Kesehatan Lingkungan setelah memasuki dunia kerja. Informasi ini diperlukan dalam rangka melakukan  evaluasi terhadap sistem pembelajaran dan kurikulum di Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Informasi/umpan balik tersebut ditujukan secara khusus kepada perusahaan/lembaga/instansi dimana alumni mengabdikan pengetahuannya selama ini.

 

Tracer Study bertujuan untuk mengetahui hasil pendidikan alumni program studi D-IV dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia lapangan kerja baik dalam bentuk usaha dan industri, keluaran pendidikan berupa penilaian diri terhadap penguasaan dan  emerolehan kompetensi, proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi serta input pendidikan berupa penggalian lebih lanjut terhadap informasi lulusan. Tracker Study bagi program studi D-IV Kesling  itu sendiri memiliki beberapa tujuan penting dalam pelaksanaannya. Tujuan itu antara lain,

  • Untuk memperoleh informasi penting berupa umpan balik alumni sebagai perbaikan, pengembangan sistem dan pengelolaan pendidikan perguruan tinggi, baik fasilitas, pola pengajaran dan pembelajaran, proses, serta pelayanan.
  • Sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui relevansi pendidikan tinggi dengan pekerjaan (hardskill, softskill, faktor internal/eksternal, kompetensi, kontribusi, dsb),
  • Sebagai umpan balik bagi jaminan kualitas perguruan tinggi atau dalam menentukan kebijakan pendiidkan secara nasional.
  • Untuk membantu perguruan tinggi dalam proses akreditasi, baik nasional maupun internasional.
  • Memberikan masukan dan data penting bagi Human Resource (HRD) perusahaan mengenai karakteristik alumni/lulusan perguruan tinggi itu sendiri.

Memberikan bukti empiris mengenai alumni terkait pekerjaan, awal karir, relevansi pekerjaan alumni dengan pendidikan tinggi, dsb, (vii) Sebagai informasi bagi mahasiswa, orang tua, dosen, administrasi pendidikan dan para pelaku pendidikan mengenai alumni/lulusan perguruan tinggi.

Adapun data persentase serapan alumni tahun 2017prodi D.IV yakni 73,21% yaitu dari 56 alumni 41 orang  yang telah bekerja. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada urain dan lapiran.

Lembaga (instansi/industri) yang memesan lulusan untuk bekerja di lembaga  tersebut dalam enam bulan terakhir.

Tahun Jumlah Lulusan yang Diwisuda pada Nama Lembaga (Instansi/Industri) Jumlah Lulusan yang Dipesan dan Diterima
(1) (2) (3) (4)
2016/2017 56 SAMSAT Sumbawa 1
    PT. Abadi Raya Commerce 3
    Dinas kesehatan 2
    Nusantara Sehat 9
    Telkom 1
    Puskesmas 10
    Wiraswasta 1
    Bank BTPN Syariah 2
    Direktorat Poltekkes Makassar 1
    Enumerator PPK-UI 1
    KKP Klas I Makassar 4
    PT. Mayora 1
    Yayasan Haji Kalla 1
    RS Tenriwaru Kab. Bone 3
    PT. Mentari Lion Airlines 1
       
Total 56   41

Leave a Reply