PENGEMBANGAN LIMBAH TAHU SEBAGAI PAKAN SEDERHANA BERPROTEIN TINGGI DALAM PEMELIHARAAN IKAN NILA UNTUK PENINGKATAN KESEHATAN IBU DAN ANAK

Oleh : ( Andi Ruhban, Juherah, Stientje, Budirman )

Usaha pengembangan budidaya perikanan khususnya pada ikan nila sangat dipengaruhi oleh ketersediaan pakan yang cukup dalam jumlah dan kualitasnya untuk mendukung produksi yang lebih maksimal Dalam budidaya ikan nila faktor pakan merupakan komponen biaya terbesar, sekitar 60 – 70% biaya untuk budidaya pembesaran ikan nila berasal dari pakan sehingga perlu pengelolaan yang efektif dan efesien salah satu upaya untuk meningkatkan produksi adalah dengan penyediaan pakan berkualitas baik dan murah dari segi ekonomi maupun kualitasnya.

Dengan melakukan pengolahan lebih lanjut, ampas tahu akan menjadi barang yang sangat berguna dan memiliki nilai ekonomis tinggi. Ampas tahu dapat diolah menjadi pakan buatan ikan yang berbahan dasar ampas tahu. Dari hal tersebut maka pada pengandian masyarakat kali ini kami ingin melihat apakah ampas tahu bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk dimanfaatkan sebagai pakan ikan berprotein tinggi, Apakah pakan ikan yang dibuat dari ampas tahu dapat mempengaruhi pertumbuhan ikan nila yang dikembangkan oleh masyarakat. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada bulan Februari-November 2017.

Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dilingkungan Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Mamajang Kota Makassar dengan membuat Ampas Tahu  menjadi pakan ikan sederhana yang mengandung protein tinggi, Dari hasil percobaan yang telah dilakukan dengan pengaplikasian langsung pada ikan nila umur satu bulan ternyata pakan ikan yang dibuat dari dari ampas tahu ini memberikan dampak signifikan pada pertumbuhan ikan nila yang dipelihara pada kolam terpal.Kerusakan lingkungan akibat dari dampak ngatif yang bisa ditimbulkan berupa bau akibat adanya penimbunan ampas tahu di saluran air bisa dikurangi.

Setelah melakukan sosialisasi maka tim kami kembali melakukan evaluasi kegiatan untuk melihat sudah berapa rumah tangga yang melakukan pembuatan pakan ikan dari ampas tahu, dan ternyata kelompok masyarakat yang ada di Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Mamajang Kota Makassar dengan difasilitasi oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Karang Anyar sangat berminat untuk pembuatan pellet pakan ikan dan berencana untuk mengusulkan alat pembuat pellet ke Pemerintah Kota Makassar.

Kegiatan sosialisasi pembuatan pakan ikan dari ampas tahu harus lebih intensif dan digiatkan mengingat masyarakat masih banyak yang belum tau cara membuat pakan ikan sederhana dari ampas tahu. Untuk menciptakan Makassar Tidak Rantasa adalah tanggung jawab dari seluruh elemen yang ada dan dibutuhkan kerja sama semua pihak.

 

Kata Kunci : Pakan ikan sederhana, Ampas tahu, Ikan nila

Leave a Reply