SIPENMARU POLTEKKES MAKASSAR 2018

Dalam rangka mencapai visi poltekkes kemenkes makassar Menjadi Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan unggulan yang mandiri, berdaya saing tinggi, dan berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas serta berakhlak mulia, pada tahun akademik 2018/2019 Poltekkes Kemenkes Makassar membuka Seleksi penerimaan Mahasiswa baru melalui Jalur Penelusuran Minat dan Prestasi ( PMDP ), Jalur Uji Tulis, Keluarga Miskin (GAKIN), Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) serta Lintas Propinsi.

Salah satu jurusan yang menerima mahasiswa baru di Poltekkes Kemenkes Makassar TA. 2018/2019 adalah Jurusan Kesehatan Lingkungan

Kini Area garapan Tenaga Kesehatan Lingkungan amat luas, mulai dari penyehatan industry, pertambangan, perkotaan, sanitasi dasar, restoran, perhotelan, pest control, pariwisata, pelabuhan bandara, alat transportasi dan lain sebagainya. ( Penulis: Prof. Umar Fahmi Achmadi, dr., MPH., Ph.D )

Semasa perkuliahan, jurusan Kesehatan Lingkungan akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Kimia Lingkungan, Mikrobiologi Lingkungan, Fisika Lingkungan, Ekologi, Toksikologi Lingkungan, Epidemologi Lingkungan dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Kesehatan Lingkungan

1. Instansi Pemerintahan

Beberapa instansi pemerintahan yang sesuai dengan kompeensi yang dimiliki oleh lulusan Kesehatan Lingkungan adalah Kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatan Daerah, Kementrian Lingkungan Hidup dan instansi-instansi terkait lainnya.

2. Puskesmas

Pusat Kesehatan Masyarakat memang menjadi garda terdepan dalam melayani setiap kebutuhan kesehatan masyarakat. Beitupun dengan kesehatan lingkungan dari masyarakat itu sendiri.

3.Tenaga Pengajar

Setelah lulus, jika kamu mempunyai passion belajar mengajar yang tinggi, kamu bisa menjadi tenaga pengajar di instansi-instansi pendidikan kesehatan.

4.Rumah Sakit

Kamu juga bisa bekerja di rumah sakit, kamu bisa bekerja di bagian manajemen kesehatan lingkungan rumah sakit. Karena rumah sakit yang merupakan pusat dan sarana dimana masyarakat harus benar-benar berada dilingkungan terbaik dengan mutu kesehatan yang baik.

5.Industri

setelah lulus kamu bisa bekerja di bagian k3 ( kesehatan dan keselamatan kerja ) karena setiap industri harus benar menjaga keselamatan dan kesehatan karyawannya

Pesatnya pembangunan khususnya pembangunan kesehatan memerlukan juga tenaga kesehatan yang cukup baik jumlah maupun mutunya oleh karena itu Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar Jurusan Kesehatan Lingkungan kembali membuka penerimaan mahasiswa baru untuk Tahun Akademik 2018/2019.

Tahun 2018 Jurusan Kesehatan Lingkungan kembali menerima Mahasiswa Program studi D.III, Program Studi S1 Terapan ( D.IV ). khusus program studi D.IV dibuka 2 jalur antara lain dari SMA se-derajat ( 0 Tahun ) dan jalur transfer ( D.III ke D.IV ).

pendaftaran dibuka mulai tanggal Februari – Juni 2018 di website pendaftaran : pmdp.poltekkes.mks.ac.id atau sipenmaru.poltekkes-mks.ac.id

Leave a Reply